Sabtu, 24 Agustus 2013

APLIKASI RAPORT DIGITAL DENGAN FORMAT EXCEL

Hari-hari menjelang Ulangan Akhir Semester pada Desember ini, kemungkinan besar menjadi hari-hari yang sibuk bagi para rekan guru serta wali kelas. Dengan penulisan raport yang masih manual, terutama pada saat merekap nilai-nilai mata pelajaran para peserta didik untuk dimasukkan ke dalam raport menjadi pekerjaan yang merepotkan setiap akhir tahunnya.
Akan tetapi tentu saja dewasa ini penulisan raport dengan tulisan tangan pada era digital ini mulai semakin ditinggalkan. Hal ini disebabkan format raport yang semakin hari semakin rumit. Jika raport jaman dulu cukup menuliskan nilai kognitif saja, tapi sekarang penulisan nilai menjadi lebih kompleks yaitu melibatkan nilai Kognitif, nilai Praktik serta nilai Afektif. Solusinya tentu saja perlu dibuatkan aplikasi raport digital yang tidak lagi memerlukan waktu yang lama dalam pengerjaan rekapan penilaiannya 
Tanpa basa basi lagi, kali ini saya mencoba postingan tentang aplikasi raport digital yang dibuat dengan  menggunakan format aplikasi excel berbasis Macro yang cukup mudah di gunakan untuk rekan bapak/ibu guru.  Patut diketahui, Karena ini adalah program yang sudah jadi, maka saya memang membatasi penggunaannya untuk sekolah tempat saya mengajar saja. Aplikasi ini juga hanya sebagai referensi atau contoh program jikalau rekan bapak/ibu guru mau mengeditnya silahkan saja, dan tentu saja aplikasi ini masih banyak kekurangan sana sini. Sehubungan itu, dimohon sekali tanggapan serta kritiknya dikotak komentar. Insyaallah mudah-mudahan bermanfaat.
  Tampilan Menu utama Aplikasi Raport Digital

Bagi yang membutuhkan file programnya, silahkan UNDUH DIBAWAH INI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar