Jumat, 23 Agustus 2013

SOFTWARE BOS GRATIS

BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Namun demikian, ada beberapa jenis pembiayaan investasi dan personalia yang diperbolehkan dibiayai dengan dana BOS. 

Secara umum program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu.
Secara khusus program BOS bertujuan untuk:
  1. Membebaskan pungutan bagi seluruh siswa SD/SDLB negeri dan SMP/SMPLB/SMPT (Terbuka) negeri terhadap biaya operasi sekolah, kecuali pada rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan sekolah bertaraf internasional (SBI). Sumbangan/pungutan bagi sekolah RSBI dan SBI harus tetap mempertimbangkan fungsi pendidikan sebagai kegiatan nirlaba, sehingga sumbangan/pungutan tidak boleh berlebih;
  2. Membebaskan pungutan seluruh siswa miskin dari seluruh pungutan dalam bentuk apapun, baik di sekolah negeri maupun swasta;
  3. Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta. 



Program BOS perlu adanya manajemen dan tim khusus untuk menanganinya, mulai dari tim pembelanjaan dan tim pelaporan keuangan. Untuk membantu pelaporan keuangan BOS maka akan lebih efisien dan berdaya guna jika menggunakan aplikasi yang tepat dan teruji serta sesuai aturan Juknis penggunaan BOS.
Aplikasi yang cukup handal dalam menangani laporan keuangan BOS salah satunya adalah APLIKASI BOS KITA dari DBE (USAID). Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan Excel disertai bahasa pemprograman VBA.


Aplikasi ini mempunyai beberapa kelebihan :
  1. Bersifat portable, tidak perlu instalasi selama di komputer telah terinstal program Microsoft Office Excel 2007 atau keatas.
  2. Mudah penggunaannya, input data sekali maka pelaporan akan dijalankan otomatis.
  3. Ukuran file kecil dan mudah disimpan di flashdisk serta dapat dibawa kemanapun.
  4. Dan yang penting GRATIS dan ada petunju pemakaiannya pula.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjalankan software ini adalah :
  1. Bisa berjalan di Microsoft Office 2007
  2. Double click pada file SDS++BOS 2011
  3. Lalu akan muncul di halaman atas : Security Warning Macros have been disabled [Options...]
  4. Klik pada tulisan [Options] berikutnya pada dialog box pilih : Enable this content lalu OK
Panduan singkat untuk mulai mengggunakan Software ini untuk pembukuan dana BOS:
  1. Gunakan menu Input Perencanaan untuk memasukkan program penggunaan beaya RKA.
  2. Gunakan menu Input Transaksi untuk memasukkan data laporan K2-K6.
  3. Jenis transaksi ada 2 pilihan (Internal dan Eksternal). Internal adalah transaksi yang tidak mengubah keadaan keuangan. Sedangkan Eksternal adalah transaksi yang mengubah keadaan keuangan baik pada kas maupun bank. Praktis untuk mudahnya yang kita kelompokkan Transaksi Internal adalah Penarikan Dana dari Bank. Selain itu kita masukkan jenis transaksi Eksternal.
  4. Program “Simpan” pada Software hanyalah bersifat menyimpan data ke dalam record data, tidak bersifat menyimpan data pada file, sehingga sewaktu-waktu terjadi hung atau komputer kita macet dan kita belum menyimpan secara permanen pada file, data akan hilang. Maka untuk keamanan setiap memasukkan beberapa record data, jangan lupa klik menu “Tutup Jendela” pada Software, lalu Simpan file secara permanen (Ctrl + S).
  5. Untuk penggunaan pertama kali masukkan saldo awal buku bank dan saldo awal buku kas bulan terakhir. Misalnya kita akan mulai menggunakan untuk laporan Januari – Maret 2012. Maka masukkan record untuk bulan Desember 2011 data Saldo akhir Desember 2011 pada Kas dan juga Saldo Akhir Desember pada Bank.
  6. Untuk Pelaporan berikutnya tidak perlu lagi memasukkan data saldo, karena jika tetap menggunakan file yang sama, maka program ini akan otomatis menampilkan Saldo Awal.


Download Aplikasi BOS KITA versi 1.13 (versi lama) , klik link di bawah ini :
  1. Sofware BOS Kita
  2. Urutan SPJ Sekolah Negeri
  3. Langkah-Langkah Seolah
  4. Lampiran Juknis BOS 2011
  5. Urutan SPJ Bos Sekolah Swasta
  6. Panduan Bos 2011 kabupaten
  7. Contoh Kwitansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar